Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 07 Oktober 2011

Apa itu DISKUSI dan PERS..??

Pengertian DISKUSI

                                                Diskusi yang diadakan UKM D&P di Sibolangit



Diskusi adalah sebuah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih/kelompok. Biasanya komunikasi antara mereka/kelompok tersebut berupa salah satu ilmu atau pengetahuan dasar yang akhirnya akan memberikan rasa pemahaman yang baik dan benar. Diskusi bisa berupa apa saja yang awalnya disebut topik. Dari topik inilah diskusi berkembang dan diperbincangkan yang pada akhirnya akan menghasilkan suatu pemahaman dari topik tersebut. 

Macam-macam diskusi 

1. Seminar  Pertemuan para pakar yang berusaha mendapatkan kata sepakat mengenai suatu hal. 

2. Sarasehan/Simposium  Pertemuan yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat prasaran para ahli mengenai suatu hal/masalah dalam bidang tertentu. 

3. Lokakarya/Sanggar Kerja Pertemuan yang membahas suatu karya. 

4. Santiaji Pertemuan yang diselenggarakan untuk memberikan pengarahan singkat menjalang pelaksanaan kegiatan. 

5. Muktamar Pertemuan para wakil organisasi mengambil keputusan mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama. 

6. Konferensi Pertemuan untuk berdiskusi mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama. 

7. Diskusi Panel Diskusi yang dilangsungkan oleh panelis dan disaksikan/dihadiri oleh beberapa pendengar, serta diatur oleh seorang moderator. 

8. Diskusi Kelompok Penyelesaian masalah dengan melibat kan kelompok-kelompok kecil.



Pengertian PERS


Istilah pers berasal dari bahasa Inggris “Journalism” yang bersumber dari perkataan “journal” sebagai terjemahan dari bahasa latin “diurnal” yang artinya harian atau setiap hari. Pers dan Jurnalistik ibarat tubuh dan ruh. 

Pers adalah dunia tempat jurnalis atau wartawan menunjukkan gerak dan langkah kerjanya Jurnalistik adalah suatu proses menghasilkan output utama berupa berita. 

Pers dalam arti luas mencakup semua media komunikasi massa, tidak hanya cetak tetapi juga redio, televisi dan film yang berfugsi memancarkan/menyebarkan informasi, berita, gagasan, pikiran, atau perasaan seseorang atau sekelompok kepada orang lain. Pengertian ini menunjukkan pers tidak hanya menyebarkan berita akan tetapi jenis informasi lain pun menjadi isi dari pers

Pers dalam sempit hanya digolongkan produk-produk penerbitan yang melalui proses percetakan, seperti surat kabar, majalah mingguan, tabloid yang dikenal sebagai media massa cetak. Buku, brosur dan bentuk cetakan lain tidak termasuk pes karena pers memiliki ciri-ciri khusus yang tidak ditemi paa penerbitan lain.

Ciri-ciri pers
  • Publisitas : untuk khalayak luas/publik
  • Periodisitas: terbit teratur
  • Universalitas: isinya aneka ragam
  • Aktualitas: peristiwanya baru terjadi


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  © Blogger templates Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP