Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 20 Juni 2012

Do You Know...??



Sejak zaman dahulu Negara Kesatuan Republik Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang majemuk. Hal ini tercermin dari semboyan “Bhinneka tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Kemajemukan yang ada terdiri atas keragaman suku bangsa, budaya, agama, ras, dan bahasa. Adat istiadat, kesenian, kekerabatan, bahasa, dan bentuk fisik yang dimiliki oleh suku-suku bangsa yang ada di Indonesia memang berbeda, namun selain perbedaan suku-suku itu juga memiliki persamaan antara lain hukum, hak milik tanah, persekutuan, dan kehidupan sosialnya yang berasaskan kekeluargaan.

Indonesia adalah Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni). Dengan luas wilayah yang lumayan besar Indonesia merupakan Negara yang memiliki suku bangsa terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis. Suku bangsa/etnis tidak lepas dengan kebudayaan, adat istiadat, kesenian dan bahasa. Dengan demikian Indonesia memiliki 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia. Walaupun demikian Bahasa nasional yang digunakan adalah bahasa Indonesia.

Keanekaragaman yang dimiliki bangsa kita ini salah satu kebanggaan kita menjadi warga Negara Indonesia. Sangatlah di sayangkan nantinya bila mana keberadaan keanekaragaman yang kita miliki ini hilang dan tak ada lagi. Seperti skup kecilnya mengenai kesenian, dengan berkembangnya zaman kesenian-kesenian asli Indonesia semakin pudar.

Mungkin belum lepas dari ingatan kita ada banyak kesenian asli Indonesia di klaim oleh beberapa Negara. Dengan konflik demikian seharusnya kita sudah saatnya sadar dan menjaga keberagaman yang kita miliki.
Menjaga...?? mungkin sebuah pertanyaan yang ada di benak kita masing-masing. Menjaga sangatlah luas cakupannya seperti menghak patenkan sebagai milik Indonesia dan melestarikannya seperti menurunkan kepada generasi-generasi muda. Dalam hal menjaga suport dari semua elemen sangatlah diharapkan, baik dari Pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia.Frima D.S.P. Nainggolan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  © Blogger templates Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP